KLARIFIKASI : PGRI NUNUKAN AKAN KEMBALI PADA KIPRAHNYA YANG AKHIR-AKHIR INI DIANGGAP PIHAK LUAK AGAKMENYIMPANG

6 06 2011

PERANAN PGRI DALAM PENDIDIKAN
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Nunukan akhir-akhir ini telah menghadapi permasalahan yang sangat DELEMATIS sebagai organisasi profesi yang dimiliki oleh guru yang idealnya dan tepat sebagai wadah untuk meningkatkan profesionalisme guru, mengatasi berbagai masalah yang dihadapi para guru. Kita akui akhir-akhir ini yang dihadapi oleh sebagian besar guru di Nunukan bukan keinginan dari PGRI atau guru-guru. Kita hampir lupa dan kita telah terlena dengan permasalahan yang lalu, marilah kita kembali mengupayakan semaksimal mungkin menjalankan peran, fungsi dan tujuan PGRI sebaik-baiknya. Muhammad gafur salah satu anggota PGRI Nunukan menulis setelah berdiskusi dengan Ketua PGRI dan pengurus aktif PGRI Nunukan baru-baru ini. PGRI Nunukan pada perinsipnya tidak menghendaki terjadi miskomunikasi dengan siapa saja namun akan selalu mengupayakan mengajak kepada para guru dan tenaga kependidikan dapat berperan maksimal dalam menjalankan fungsinya, mengedpan profesionalisme, peningkatan kompetensi yang berdam[ak pada peningkatan mutu siswa dan sekolah. Masalah hak kita dengan sendirinya saudara kita yang ada di dinas pendidikan akan akan memperhatikan kita untuk menyelesaikan dengan baik sebagai tanggung jawab yang telah dipercayakan oleh Pemda Nunukan. Salah satu contoh pembenahan yang sangat positip sekali dan membuatkita salut kepada bapak Ibrahim bendahara Disdik yang baru. Bekerja dengan penuh dedikasi dan prestasi, tidak ada lagi guru menerima gaji di atas tanggal 12 bahkan gaji sudah siap diterima tanggal 1 setiap bulan. Salah satunya dan masih banyak saudara-saudara kita yang di dinas peduli dan tanpa pamrih dalam menyelesaikan hak-hak guru. Semoga saudara-saudara kita yang dulu bekerja tidak profesional akan berubah dengan mengambilhikmah yang terjadi masa lalu. Dilain kesempatan Pak Husin Manu ketua PGRI tetap akan memberikan dukungan, membantu, mendorong anggota PGRI Nunukan tetap dinamis, prospektif dan mampu menjawab tantangan dalam mengcerdaskan anak bangsa. Jangan lupa kita adalah bagian dari pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat, marilah kita bersama-sama mendukung pemerintah daerah yang baru saja dilantik. Insya Allah kedepan kita bersam-sama anggota dan pengurus akan memperbaiki manajemen PGRI, dan kita benahi sekaligus memberikan pemahaman visi/misi PGRI kepada semua anggota, sehingga organisasi berjalan dengan baik dan sejalan dengan apa yang telah menjadi cita-cita pemimpin Nunukan saat ini. Insya Allah kita akan mendampingi dan mendukung demi perubahan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Nunukan.
Konsep organisasi PGRI harus jelas, ada target yang harus kita raih dalam waktu tertentu, misalnya kita harus mempersiapkan siswa dan guru berprestasi di tingkat kabupaten sampai dengan tingkat nasional sebagai tehnisnya, sedangkan dinas pendidikan hanya sebagai fasilitator saja untuk melaksanakan kegiatan. Mungkin saja kegiatan sosial yang nyata, dan masih banyak kegiatan yang harus kita laksanakan sehingga pencitraan PGRI di mata masyarakat bukan hanya mencerdaskan anak bangsa juga berperan dalam kegiatan sosial.
Marilah sudah saatnya kita menjalankan kembali fungsi kita, permasalahan yang lalu kita ambil sebagai pengalaman dan gali hikmah dibalik permasalahan tersebut.
Sebentar lagi kita akan memilih pengurus PGRI Kabupaten, semoga pengurus yang telah dipercaya oleh anggota untuk memimpin organisasi dapat melaknakan tugas dan fungsinya dengan baik demi kemajuan dunia pendidikan di Nunukan dan dengan manajemen tersistem, setiap anggota pengurus melaksanakan fungsinya bukan hanya simbol saja, bahkan tidak jelas yang mana anggota dan yang tidakmau jadi anggota pada saat membutuhkan baru mau berkecimpung tapi kalu tidakmenguntungkan lupa dengan anggota. Pengurus jalankan lah jika siap dan jangan jadi penonton malah tunggu diundang. Organisasi ini adalah organisasi profesi atau organisasi sosial, tidak ada memberikan imbalan finansial atau fasilitas tapi pengabdian untuk semua anggota dan mengajak anggota ikut memajukan organisasi, karena organisasi ini juga untuk semua anggota.
PGRI Nunukan kedepan akan kembali aktif sesuai fungsi dan perannya untuk mendukung pemerintah mengentaskan kebodohan, meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, peningkatan kepribadian, sosial. dan jangan lupa kita sudah punya cita-cita yaitu Visi dan langkah-langkah kita meraihnya sudah tertuang dalam misi PGRI dan jangan lupa AD/ART PGRI Nunukan apakah sudah sesuai dengan kondisi Nunukan saat ini. Kalau ada yang harus dibenahi, marilah kita sama-sama ikut serta memperbaikinya. Kalau sudah baik ayo kita sama melangkah. Marilah kita jalankan organisasi dengan pola tersistem dan manajemen yang baik agar organisasi PGRI tetap profesional di mata pemerintah dan masyarakat. Amin…..
HIDUP PGRI
Marilah Kita kembali Mempersatukan semua guru dan tenaga kependidikan di semua jenis, jenjang dan satuan pendidikan guna meningkatkan pengabdian dan peranserta di dalam pembangunan Nunukan.
Mengupayakan dan mengevaluasi terlaksananya peningkatan kualifikasi akademik, sertifikasi, akreditasi, sebagai lisensi bagi pengukuhan kompetensi profesi guru.
Menegakkan dan melaksanakan Kode Etik dan Ikrar Guru Indonesia sesuai peraturan organisasi.

Mengadakan hubungan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, dan organisasi kemasyarakatan umumnya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan budaya

Memelihara, membina persatuan dan kesatuan melalui pengembangan kebudayaan nasional serta memelihara kebudayaan daerah dalam rangka memperkaya kebudayaan nasional.

Memelihara dan mempertinggi kesadaran guru akan profesinya untuk meningkatkan mutu, keahlian, kemampuan, pengabdian, prestasi dan kerjasama.

Memelihara dan meningkatkan mutu keorganisasian PGRI.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: